Header Ads

Ad Home

Alasan Jangan Menyeduh Susu Dengan Air Panas

Memang pas kiranya apabila kita mengingkinkan sebuah minuman panas seperti kopi atau wedang jahe, untuk mengusir hawa dingin di tubuh kita. Terlebih seperti sekarang ini, di mana musimnya sudah masuk musim penghujan. Namun, tahukah anda ternyata selain kopi atau wedang jahe tadi. Ada sejumlah jenis minuman lain yang justru di nilai tidak baik jika di hidangkan dalam keadaan panas. Karena hal ini yang nantinya, malah dapat menghilangkan khasiat atau manfaat dari jenis minunannya itu sendiri.

Salah satunya susu. Susu merupakan minuman yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia dan minuman ini telah dikonsumsi oleh masyarakat luas sejak dulu kala, tetapi tahukah anda bahwa ada larangan yang menyebutkan ‘Jangan bikin susu dengan air panas’. Mengapa demikian? Apa bahayanya membuat susu dengan menggunakan air panas?

Jangan Bikin Susu Dengan Air Panas, Ini Alasannya!

Susu yang banyak beredar di pasaran dan sudah dikonsumsi oleh masyarakat adalah susu yang banyak berasal dari susu sapi dan sudah diolah menjadi krimmer dan bubuk agar lebih praktis. Banyak juga susu yang dijual dipasaran masih berupa susu asli atau murni, tetapi konsumen susu murni ini tidaklah sebanyak susu biasanya karena susu asli memiliki harga jual lebih tinggi dan cepat basi jika tidak disimpan dengan benar.

Ada beberapa jenis susu yang biasa dikonsumsi masyarakat, salah satunya adalah susu formula. Susu formula merupakan jenis susu yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak. Susu ini banyak mengandung protein hewani yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak, selain itu dalam satu gelas susu formula mengandung banyak kandungan zat yang baik bagi tubuh seperti vitamin, DHA, kolin, mineral, karbohidrat, dll.
alasan jangan menyeduh susu dengan air panas

Ada metode salah yang selama ini dilakukan oleh banyak orang dalam membuat susu yaitu kebanyakan mereka menggunakan air panas untuk menyeduhnya. Sebenarnya para ahli telah menghimbau untuk jangan membuat susu formula dengan air terlalu panas, mengapa demikian? Berikut alasannya:
  1. Menghilangkan kandungan vitamin dalam susu. Tindakan sepele menyeduh susu dengan air panas ternyata tidak bisa dianggap remeh, tindakan ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan kandungan vitamin yang ada dalam susu tersebut, padahal tujuan orang mengkonsumsi susu adalah untuk mendapatkan manfaat dari kandungan susu tersebut salah satunya adalah vitamin. Tahukah anda ternyata vitamin merupakan zat yang sangat mudah terurai karena beberapa faktor salah satunya adalah suhu yang terlalu tinggi. Suhu air yang mendidih mencapai 100o celcius sehingga dapat mengurangi kandungan vitamin dalam susu.
  2. Banyak bakteri dalam susu. Kenapa jangan bikin susu dengan air panas? Susu yang dihasilkan dari perahan susu sapi mengandung banyak bakteri di dalamnya, untuk memisahkan dan menghilangkan bakteri tersebut dibutuhkan suhu yang tinggi namun suhu yang dapat menghilangkan bakteri ini bukanlah suhu maksimum air yaitu 100o celcius namun hanya berkisar 70o celcius. Dalam suhu ini bakteri akan mati tetapi kandungan vitamin dalam susu masih terjaga, sehingga dalam menyeduh susu sebaiknya tidak menggunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi.
Ada beberapa cara untuk menyeduh susu yang telah disarankan oleh para ahli sehingga tidak merusak kandungan zat-zat yang baik bagi tubuh manusia. Berikut cara menyeduh susu yang benar dan dapat anda praktekkan dirumah:
  1. Gunakan air hangat. Gunakan air hangat dengan suhu kurang dari 100o Celcius, tetapi jika anda hanya memiliki air mendidih maka biarkan terlebih dahulu beberapa menit sehingga suhu air tersebut menurun hingga hangat-hangat kuku. Kemudian tuangkan air tersebut kedalam gelas lalu bubuhkan susu formula sesuai dengan takaran yang tertera dalam kemasan dan aduk hingga merata.
  2. Tambahkan air dingin. Cara selanjutnya adalah dengan menambahkan air dingin kedalam seduhan susu. Caranya adalah terlebih dahulu tuang air panas kedalam gelas sekitar setengah gelas saja kemudian tuangkan air dingin atau air yang sesuai dengan suhu ruangan kedalamnya. Sebelum membubuhkan susu kedalam air tersebut, terlebih dahulu cek suhu campuran air yang telah dibuat. Jika suhunya sudah pas yaitu hangat-hangat kuku maka bubuhkan susu kedalamnya sesuai dengan takarannya.
Itulah beberapa alasan dan informasi tentang menyeduh susu yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Ternyata himbauan untuk jangan bikin susu dengan air panas bukanlah hal yang sepele.
Baca Juga

Powered by Blogger.