Header Ads

Ad Home

Cara Alami Menghilangkan Bau Pada Toilet Dirumah

Kamar mandi adalah salah satu ruangan dirumah yang mungkin paling sering anda datangi. Namun kadangkala kita mencium bau yang membuat kita tidak nyaman berlama-lama di dalamnya. Meskipun kita sudah membersihkan kamar mandi kita sercara rutin, tapi tak jarang bau yang mengganggu tersebut masih ada. Sebenarnya penyebab bau tak sedap ada berbagai macam, salah satunya dapat berasal dari zat ammonia yang hadir dikarenakan matinya bakteri pengurai di dalam ruang kamar mandi. Bau tidak sedap di toilet juga dapat disebabkan oleh minimnya kualitas peralatan sanitasi yang dipakai. Kloset dengan bahan yang memiliki pori besar dapat menampung sisa urin yang tidak tersiram dengan baik, dan hal tersebut sudah tentu akan menimbulkan bau di dalam kamar mandi kita.

Menyiram air sabun ke dalam kloset sepertinya bukan ide yang bagus, menyiram dengan sabun atau cairan pembersih yang terlalu sering dapat menyebabkan bakteri pengurai di dalam kloset mati. Pada artikel ini saya ingin berbagi, bahwa sebenarnya ada cara alami untuk menghilangkan bau pada toilet dirumah tanpa harus membunuh bakteri pengurai di dalam septitank toilet anda. Berikut ini penjelasanya:
  1. Letakkan beberapa arang kayu yang masih baru di sudut-sudut WC. Dalam beberapa hari bau WC akan hilang. Hal ini karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan. Ini merupakan cara paling mudah menurut saya. Arang bisa anda dapatkan di pasar tradisional. Di pasar tersebut banyak yang menjualnya. Jika anda hawatir arangnya mengotori kamar mandi anda bisa meletakannya di atas mangkok plastic kecil.
    cara alami menghilangkan bau pada toilet dirumah
  2. Menggunakan kopi atau ampas kopi tubruk. Anda suka minum kopi? Ampas kopinya jangan di buang. Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau pada toilet. Siapkan secangkir air panas, masukkan ampas kopi dan sedikit garam, lalu aduk. Siram air campuran tersebut ke lubang wc dan sekitarnya. Atau jika anda ingin langsung menggunakannya, Caranya mudah, seduh kopi hitam diamkan beberapa saat sampai tak begitu panas, lalu siram ke dalam toilet untuk menghilangkan bau tak sedap. Dengan cara ini, bau tak sedap perlahan akan menghilang.
  3. Manfaatkan Cuka dan baking soda. Anda bisa menaburkan satu mangkuk baking soda ke daerah kloset dan tempat duduknya jika berupa kloset duduk, kemudian percikan sedikit cairan cuka dan tutuplah. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu siram dan bersihkan segala sudut toilet.
  4. Anda dapat meLetakkan tanaman di sudut kamar mandi. Jika kamar mandi kita cukup besar, kita bisa meletakkan tanaman hijau di dalamnya. Tanaman dapat membantu menyediakan udara segar dalam kamar mandi.
  5. Cara alami terakhir, anda bisa menggunakan Minyak esensial. Karena minyak esensial merupakan bahan alami namun aroma segarnya bisa bertahan lama. Anda bisa menuangkan minyak esensial ke diffuser listrik, yaitu semacam alat untuk menguapkan minyak hingga harumnya tersebar. Jika tidak punya, bisa menggunakan wadah kayu tanpa plitur. Tuangkan minyak di atasnya dan saat mengering, wanginya akan tercium. Pilih minyak esensial beraroma lemon, lavender atau peppermint.

Cara alami diatas mungkin dapat anda praktekan dirumah. Terutama untuk para ibu, tips ini mungkin akan sangat bermanfaat. Rumah yang bersih akan membuat penghuninya betah dan nyaman. Namun jika sebaliknya, tempat atau rumah yang kotor tidak akan membuat anda nyaman, bahkan akan menjadi sumber penyakit dan mengganggu kesehatan anda dan keluarga. Selamat mencoba.. silahkan di share..
Baca Juga

Powered by Blogger.