Header Ads

Ad Home

Tujuh Tanda di Kaki Yang Bisa Mengungkap Penyakit Dalam Tubuh

Ketika seseorang menderita sebuah penyakit, banyak dari mereka mengabaikan gejala awal yang telah tubuh tunjukkan. Jika Anda jeli, beberapa gejala awal penyakit juga diungkap oleh kaki Anda.

Kaki dapat mengungkap banyak fakta tentang kesehatan secara keseluruhan. Kaki adalah salah satu titik sinyal utama dalam tubuh yang menunjukkan apakah tubuh sedang sehat atau tidak.

Jangan mengabaikan perubahan apapun pada kaki, baik itu kecil maupun besar. Perubahan tersebut bisa saja menjadi gejala awal dari sebuah penyakit.

Perubahan yang terjadi pada kaki dapat mengingatkan kita tentang masalah-masalah serius yang terjadi, seperti diabetes, tiroid, bahkan penyakit jantung jauh sebelum Anda pergi ke dokter.

Berikut ini tujuh tanda di kaki yang bisa mengungkap penyakit dalam tubuh seperti dilansir dari Boldsky:
  1. Kaki kering dan bersisik. Ini dapat menjadi tanda utama dari penyakit tiroid. Anda perlu waspada jika pelembap yang biasa Anda pakai tidak membantu menyelesaikan masalah kulit kering dan bersisik pada kaki.
  2. Bisul yang tak kunjung sembuh. Bila Anda memiliki bisul atau luka kecelakaan pada kaki atau bagian lain dari tubuh yang tidak kunjung sembuh, maka Anda patut waspada dengan penyakit diabetes. Tingkat gula darah yang tak terkendali dapat menyebabkan kerusakan saraf dan sirkulasi darah yang buruk bagi tubuh terutama kaki. Ketika darah tidak mencapai luka, maka luka juga akan lama sembuh.
    tujuh tanda di kaki yang bisa mengungkap penyakit dalam tubuh
  3. Nyeri pada jempol. Makanan yang banyak mengandung purin akan menyebabkan nyeri pada jempol kaki. Hal ini terjadi karena sebuah senyawa kimia yang ditemukan terutama pada makanan seperti daging merah, ikan, dan alkohol. Purin memicu serangan dengan meningkatkan asam urat dalam tubuh. Konsultasi dengan ahli gizi dapat membantu Anda mengatasi diet yang tepat.
  4. Garis merah di bawah kuku. Ini adalah tanda utama dari infeksi jantung. Garis-garis merah kecil biasanya muncul pada bagian dalam kuku kaki. Hal ini terjadi ketika terdapat pembuluh darah yang rusak. Kondisi ini dikenal sebagai perdarahan sempalan. Orang yang sedang menjalani kemoterapi, HIV atau pasien diabetes juga akan menunjukkan gejala serupa. Periksalah ke dokter ketika gejala ini muncul supaya dapat menghindari gejala yang lebih parah.
  5. Kaki pekuk (bengkok). Ketika gejala pekuk muncul pada kedua jari kaki, maka itu adalah tanda utama dari kanker paru-paru. Tak hanya menjadi itu, pekuk pada kaki juga sering dikaitkan dengan infeksi kronis paru-paru, penyakit jantung dan bahkan penyakit usus. Pastikan Anda memeriksa ke dokter jika gejala tersebut.
  6. Kaki Bau. Ini merupakan kausu yang sering dijumpai. Mempunyai kaki bau sebenarnya tak senantiasa dikaitkan dengan bersama adanya tanda-tanda badan yang tak sehat. Justru kaki yang bau menandakan  kaki anda tak terjaga kebersihannya. Solusinya, cuci kaki kamu secar rutin. Seandainya kamu jarang memanfaatkan kaus kaki, pakailah kaus kaki katun, dan jika kamu suka  berkeringat, disarankan memiliki dan selalu membawa kaus kaki cadangan, hal itu dilakukan sebagai antisipasi apabila kaus kaki yang sedang digunakan sudah sangat basah oleh keringat. Dan solusi yang lain jangan selalu menggunakan sepatu yang sama setiap hari. 
  7. Kaki Dingin. Hipotirodisme, atau kelenjar bawah tiroid aktif, penyakit yang bisa berdampak kepada badan kita dengan banyak cara, termasuk juga kaki kita. Apakah kaki kita selalu dingin? Seandainya ya, berarti kita sedang mengalami panyakit tersebut.
Baca Juga

Powered by Blogger.