Header Ads

Ad Home

Lima Tips Hemat Untuk Mengatasi Pengeluaran Di Tanggal Tua

Siapapun pasti ingin berhemat terutama para ibu rumah tangga. Dengan kenaikan barang-barang kebutuhan sehari-hari para ibu harus cerdas mengatur pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan yang merugikan keuangan rumah tangga. Maka diperlukan kiat cerdas mengelola keuangan. Apalagi bagi yang bergantung dari gazi bulanan. Artikel ini bukan hanya untuk para ibu, tips ini juga berguna untuk para ayah dan bermanfaat juga bagi yang belum menikah. Berikut ini ada lima tips hemat untuk mengatasi pengeluaran ditanggal tua:
  1. Hindari makan siang di luar: anda boleh saja makan siang diluar namun di moment tertentu saja. jika kondisi keuangan anda di akhir bulan sudah mulai menipis sebaiknya membawa bekal dirumah saja. Membawa bekal dari rumah hasil masakan istri atau ibu dirumah jauh lebih hemat dan lebih Sehat.
  2. Tidak menerima ajakan jalan-jalan: agar keuangan anda di tanggal tua tidak terlalu menghawatirkan, sebaiknya anda tidak menerima ajakan jalan-jalan dari teman-teman anda ke mall, pasar atau ketempat rekreasi. Karena jika anda mengikuti mereka, mau tidak mau anda harus mengeluarkan budget yang tidak bisa di prediksibesarnya. Bisa jadi ajakan jalan-jalan tersebut benar-benar menguras isi kantong anda. Lebih selektif lah dalam menanggapi ajakan untuk jalan-jalan, salah perhitungan bisa berkubang dalam hutang.
    lima tips hemat untuk mengatasi pengeluaran di tanggal tua
  3. Saving kebutuhan untuk satu bulan: jika anda terbiasa menyimpan barang kebutuhan sehari-hari untuk stok satu bulan anda tidak perlu terlalu merasa hawatir. Karena kebutuhan pokok untuk keluarga dirumah sudah tersedia. Namun bagi nada yang tidak biasa menyediakan kebutuhan pokok untuk satiu bulan, maka mulai dari sekarang list kebutuhan rumah anda dan ketika anda menerima gazi prioritaskan untuk membeli kebutuhan tersebut. setidaknya cara ini akan mengurangi pengeluaran di tanggal tua atau di akhir bulan. 
  4. Minimalisir biaya transportasi: Sepertinya sudah hampir semua orang di kota besar memiliki kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Di kota besar, memiliki kendaraan pribadi memang diperlukan untuk memudahkan anda dalam beraktivitas. Namun, dengan memiliki kendaraan, pengeluaran rumah tangga anda juga jadi bertambah, karena adanya biaya servis, bensin, tol, dan parkir. Yang bisa di lakukan untuk berhemat adalah pemakaian kendaraan untuk jarak-jarak yang bisa diraih dengan berjalan kaki atau gunakan sepeda. Selain hemat, menggunakan sepeda juga jauh lebih sehat. Bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Sekarang sangat banyak pilihan transportasi Mulai dari ojek, bis, angkot, Transjakarta, taksi, dan kereta bisa anda gunakan tergantung kebutuhan. Tentu saja, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, nah anda harus pandai-pandai memilih transportasi mana yang cocok untuk digunakan ke tempat tujuanmu. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih transportasi umum.
  5. Kurangi hangout: kebiasaaan hangout dengan teman-teman sebaiknya dikurangi bahkan dianjurkan agar tidak dilakukan. Karena meski anda duduk hanya minum air saja, tetap harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Jika teman kantor membujuk anda untuk ikut hangout, tolak saja dan jujur pada mereka jika anda sedang berhemat beritahukan mereka jika keuangan anda sudah mulai menipis. Saya rasa ini bukan hal yang memalukan, toh jika mereka adalah teman-teman yang baik mereka akan memahami kondisi anda.
Baca Juga

Powered by Blogger.